Pelopor Pergerakan Pewarta Publik Wajah Bangsa Gelar Sosialisasi Pembentukan koperasi Bakti Bumi Madani

INDONESIASATU.CO.ID:

BATAM - Sosialisasi Pembentukan koperasi Bakti Bumi Madani oleh  Ernita dan Jamil dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar,Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Batam (2 februari 2018).

Acara sosialisasi ini  dihadiri oleh Ketua Umum Pelopor Pergerakan Perwata Publik Wajah Bangsa (P4WB) Akhirudin Syah Purba, Ketua Koperasi terpilih Heri dan Pengurus DPP.

Dalam kata sambutan oleh Ketum P4WB mengingatkan agar semua anggota harus taat pada aturan yang sebagaimana menjadi anggota koperasi, dengan kedisplinan berorganisasi agar bisa memajukan usaha kecil menjadi besar dengan catatan semua pungutan berawal dari iyuran wajib anggota.

Kemudian dari Dinas PMPK & UKM, Ermita menyampaikan tentang Undang-undang terbaru, Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum Koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi.

Pengembangan dan pemberdayaan koperasi nasional dalam kebijakan pemerintah selayaknya mencerminkan nilai dan prinsip perkoperasian sebagai wadah usaha bersama untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan ekonomi anggotanya. Dengan dasar itulah Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mendorong percepatan realisasi atau revisi Undang-undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992, pada medio Oktober 2012, bersama-sama Dewan Perwakilan Rakyat melalui Sidang Paripurna menyetujui Rancangan Undang-undang Perkoperasian Terbaru.

Undang-undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992 perlu diganti, karena sudah tidak selaras dengan kebutuhan hukum dan perkembangan perkoperasian di Indonesia. Inilah landasan utama Kementerian Koperasi dan UKM untuk melahirkan Undang-undang Perkoperasian terbaru. (zulfahmi)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita